Manfaat Vitamin Pada Makanan

Vitamin
Vitamin - Kita semua tahu kalau vitamin memiliki manfaat yang penting bagi tubuh khususnya vitamin pada makanan karena vitamin merupakan zat esensial yang sangat diperlukan oleh tubuh. Salah satu manfaat vitamin pada makanan adalah membantu kelancaran penyerapan zat gizi dan proses metaboliseme tubuh. Bila tubuh mengalami kekurangan vitamin (avitaminosis) maka kesehatan tubuh dapat menjadi terganggu.

Pentingnya manfaat vitamin pada makanan untuk tubuh maka sangat dianjurkan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin agar nilai gizi yang diperlukan oleh tubuh terpenuhi dengan adequat. Untuk melihat jumlah vitamin yang diperlukan oleh tubuh, silahkan baca jumlah kebutuhan vitamin yang diperlukan oleh tubuh.


Kebutuhan vitamin dalam tubuh dapat terpenuhi dengan mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran serta bahan-bahan makanan dari hewani. Selain itu, vitamin juga dapat diperoleh dengan mengkonsumsi suplemen makanan. Namun, meskin vitamin dapat diperoleh dengan mudah, penggunaan atau mengkonsumsi vitamin tidak boleh berlebihan karena vitamin berlebih akan menyebabkan metabolisme tubuh akan terganggu.

Manfaat vitamin pada makanan terdiri dari 13 macam vitamin, dan kesemuanya memiliki manfaat yang berbeda meskipun bahan-bahan yang diperoleh berasal dari bahan yang sama. vitamin A, C, D, E, K, dan B (tiamin, riboflavin, niasin, asam pantotenat, biotin, vitamin B6, vitamin B12, dan folat) adalah macam-macam vitamin yang memiliki manfaat yang berbeda, karena diantara vitamin tersebut ada yang berfungsi sebagai koenzim dan ada juga yang berfungsi sebagai biokatalisator.
Lalu seberapa banyak vitamin yang diperlukan oleh tubuh? Tubuh tidak memerlukan banyak vitamin dalam jumlah yang besar, tubuh hanya memerlukan sedikit vitamin untuk menjaga keseimbangan metabolisme, namun meskipun sedikit, jika kebutuhan akan vitamin ini terabaikan maka metabolisme di dalam tubuh kita akan terganggu karena fungsi vitamin tidak dapat tergantikan oleh senyawa lainnya.

Untuk manfaat vitamin pada makanan secara khusus akan dibahas pada artikel selanjutnya. Terimakasih, semoga bermanfaat.

2 komentar:

Diet Perut mengatakan...

Info menarik, Terima kasih. Salam sehat dari www.instagram.com/tipsdietorganik

Pelangsing Badan mengatakan...

Terima kasih. Info Penurun Berat Badan yang sangat menarik

Posting Komentar

Blog Partner
Sahronie.com Alaskandang Features TechPreetblog partnerblog partnerblog partnerblog partner