Apa itu Suplemen Makanan ?

Suplemen Makanan
Suplemen makanan merupakan produk kesehatan yang mengandung satu atau lebih zat yang bersifat nutrisi atau obat. Nutrisi yang terkandung dalam suplemen makanan biasanya terdiri dari vitamin, mineral dan asam amino yang merupakan bagian dari pembangun protein yang digunakan untuk keseimbangan metabolisme dalam tubuh dan pembentuk serta regenerasi pada tubuh. Suplemen makanan tidak hanya berasal dari bahan-bahan nabati tapi bahan-bahan hewani juga digunakan sebagai suplemen makanan yang berguna untuk tubuh.

Suplemen makanan digunakan untuk membantu meningkatkan stamina ataupun membantu proses perawatan kesehatan agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Saat ini untuk mendapatkan suplemen makanan sangat mudah didapatkan karena suplemen makanan ini tersedia dan dijual bebas, tergantung personal yang memilih dan menggunakannya karena menggunakan suplemen makanan secara berlebih juga sangat tidak baik kesehatan. Karena kadang mereka beranggapan kalau suplemen makanan adalah sebagai pengganti makanan. Bahkan ada beberapa produk direct selling yang melalui sellernya mengtakan kalau produk suplemen yang mereka tawarkan adalah sebagai pengganti makanan pokok yang diperlukan oleh tubuh.

Suplemen makanan memang banyak mengandung bahan-bahan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh seperti vitamin, mineral, jamu, susu, glucosamin yang dikemas dalam berbagai bentuk seperti pil, kapsul, tablet, serbuk, softgel dan cair. Namun bagaimanan pun produk-produk tersebut tetap diolah menggunakan mesin dan bantuan bahan kimia sebagai bahan pengawet sehingga tidak menutup kemungkinan suplemen makanan juga tidak baik jika dikonsumsi sebagai pengganti makanan pokok sehari-hari.
Konsumsilah suplemen makanan sesuai dengan kebutuhan. Lebih baik tetap mengatur pola makan yang baik dan seimbang untuk mendapatkan nutrisi tubuh yang sehat dan alami.

Penggunaan Suplemen Makanan
Seperti yang telah dijelaskan diatas, suplemen makanan merupakan makanan tambahan yang diperkaya nutrisi, multivitamin, multimineral dan gizi namun meski demikian keberadaannya tidak dimaksudkan untuk menggantikan makanan. Menggunakan atau mengkonsumsi suplemen makanan bukan suatu keharusan tapi dapat menjadi sebuah anjuran sebagai makanan tambahan yang mendampingi makanan yang kita konsumsi sehari-hari, untuk itu dianjurkan mengunakannya dalam kondisi tertentu dan bukan sebagai dopping, seperti berikut ini :
  • Saat letih dan kelelahan karena melakukan aktivitas yang cukup melelahkan
  • Saat badan terasa lesu, panas dalam dan flu
  • Ketika terjadi ketidakseimbangan dalam tubuh terutama yang berhubungan dengan siete metabolisme tubuh
  • Kekebalan tubuh menurun dan terasa akan sakit atau setelah sakit
  • Kondisi lingkungan yang buruk seperti tingginya tingkat pencemaran dan radikal bebas ataupun karena cuaca buruk
  • Untuk mempertahankan kondisi kesehatan dan kebugaran, gunakan dosis yg tepat &  konsumsilah suplemen makanan
Gunakan suplemen makanan secara bijak dan bukan sebagai pengganti makanan pokok sehari-hari atau sebagai dopping, karena mengkonsumsi suplemen makanan secara berlebih akan mengganggu metabolisme dalam tubuh

8 komentar:

sunhope mengatakan...

informasi yang lengkap. semoga dapat membantu bagi para pembaca tentang pemahaman suplemen makanan dan suplemen makanan alami lah yang tetap terbaik seperti suplemen Sun Hope.

makanan kesehatan mengatakan...

Trimakasih satas sahrenya kak, bermanfaat sekali buat saya :)

suplemen kesehatan mengatakan...

Oh ya kak, untuk suplemen makanan ini, sepertinya sudah lama di publis ya ? ada perubahan ga sih dari tahun ke tahun nya ??

suplemen makanan mengatakan...

Bagus ya ulasan suplemen makanannya. terima kasih sudah berbagi

Antoni Clianto mengatakan...

Suplemen makanan memeng sangat penting untuk tubuh kita. oh iya makasih ya atas informasinya :)

Unknown mengatakan...

Tadinya saya berpikiran sprt itu,skrg saya paham tanks informasinya

Crane Indonesia mengatakan...

Kmren ada yang nawarin suplemen makan sebeagai pengganti makanan pokok, berarti salah ya.. hmmm

Unknown mengatakan...

Terimakasih atas ciptaan suplemen nya😁😁

Posting Komentar

Blog Partner
Sahronie.com Alaskandang Features TechPreetblog partnerblog partnerblog partnerblog partner